Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sidemen merupakan satu-satunya sekolah menengah atas yang ada di wilayah kecamatan Sidemen, kabupaten Karangasem. Sekolah ini juga merupakan satu-satunya yang berstatus plus budaya sebagai pelestarian budaya mengingat Sidemen merupakan kawasan yang kaya akan kebudayan dan kearifan lokal masyarakat.

Menurut sejarah berdirinya SMAN 1 Sidemen bermula bernama SMA Siddamahan yang didirikan oleh yayasan Siddamahan pada tanggal 1 Juli 1987 sampai dengan tahun 1996. Pada tahun berikutnya yakni tahun 1997 yayasan Siddamahan menyerahkan sekolah kepada pemerintah untuk dinegerikan. Mulai tanggal 29 Januari 1998 SMAN 1 Siddamahan secara resmi berubah nama menjadi SMAN 1 Sidemen.

Tahun 2001 SMAN 1 Sidemen mendapatkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali bisa No. 33/I.19.G/Kep/MN/2001 tentang Penyelenggaraan Sekolah Unggulan di Bali dengan status Sekolah Unggulan Budaya.

Unggulan budaya dicirikan oleh mata pelajaran Bahasa Bali, Budi Pekerti, Usadha dan Dharmagita. Sementara itu ungulan budaya yang diajarkan dalam bentuk pengembangan diri yaitu : Upakara, Wariga, Asta Kosala-Kosali, Subak, Tenun Bali, Melukis Pepatran, Tari Bali, Tabuh, Mejejaitan dan Dharmagita.

Hal unik yang juga mencirikan sekolah ini sebagai sekolah ungulan budaya yakni adanya beberapa beberapa bangunan gedung kelas yang menggunakan style Bali. Serta secara khusus adanya keberadaan perpustakaan lokal yang khusus menyimpan benda-benda atau karya siswa yang berhubungan dengan budaya dan kearifan lokal.