Bulan Agustus Bulan Kemerdekaan, Bulan Komunitas, Kerja Bersama. Kami menghadirkan inspirasi di Minggu pagi dalam acara Remaja Berprestas kerjasama RRI Pro 2 FM Denpasar dengan Komunitas Sadar Sehat menghadirkan dua komunitas hebat yaitu Niskala Bali dan Literasi Anak Bangsa
Literasi Anak Bangsa merupakan sebuah Perpustakaan Jalanan yang dibangun secara kolektif dan gotong royong oleh anak-anak muda penggiat literasi dan komunitas. Ide ini muncul pertama kali karena keinginan untuk membuat kegiatan membaca dapat dirasakan oleh setiap anak bangsa, tanpa terkecuali.
Niskala merupakan sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan sampah upacara adat Bali. Ide ini dilatar belakangi oleh kondisi sampah yang dihasilkan setelah upacara adat tersebut berlangsung. Kondisi saat ini, 98 % sampah tersebut dibuang ke TPA, Sungai, Laut, dan beberapa bahkan dibakar. Sampah – sampah tersebut ketika di buang, masih dalam keadaan tercampur antara sampah organik dan sampah non-organik sehingga tidak ada proses pengolahan lebih lanjut dan membuatnya menumpuk dan membusuk di tempat yang tidak semestinya.
Data yang kami dapatkan dari media online, di Bali terdapat lebih dari 3000 upacara adat setiap tahunnya. Setiap upacara besar setidaknya menghasilkan 100 kilogram sampah. Sehingga bisa dibayangkan, berapa banyaknya sampah yang dihasilkan setiap tahunnya dari upacara adat Bali saja, belum lagi sampah rumah tangga yang juga belum mendapat pengelolaan secara maksimal. Hal ini tentunya akan semakin parah apabila tidak ada tindakan preventif yang dilakukan.
Oleh karena itu, NISKALA hadir memberikan solusi akan permasalah sampah upacara adat ini dengan zero waste ceremonnies
Semoga dapat menginspirasi