“Sometimes A Small Thing You Do Can Mean Everything In Another Person’s Life”

Manusia pada dasarnya memiliki sifat yang selalu ingin lebih, lebih kaya, lebih berkuasa, dan lebih segala-galanya dibandingkan yang lain. Pembanding inilah yang menyebabkan kompetisi selalu ada, terlebih kita selalu mencari pembanding yang setingkat diatas kita. Hal itu rasional, bila kita mencari pembanding yang kita anggap tidak ‘selevel’ kompetisi tidak akan muncul, kehidupan tidak akan berputar karena terjadi stagnansi akibat dari tidak adanya inovasi. Tapi pernahkah sesaat kita merenung dan mengingat semua yang Tuhan berikan pada kita? Pernahkah kita bersyukur dan bukan hanya menggerutui apa yang kita tidak miliki? Ya, bersyukur, kata yang sering terucap tapi tak sering diterapkan dalam kehidupan. Dengan rasa syukur, kita akan mengerti dan memahami kehidupan bukan hanya tentang pengejaran harta dan tahta, kehidupan juga perlu berbagi. Berbagi disini tidak melulu tentang berapa rupiah yang kita berikan, kasih sayang, kebahagiaan, kepedulian, pengalaman adalah harta berharga yang dapat kita bagi dengan sesama. Hal-hal kecil yang mungkin kita anggap sepele dan biasa dapat sangat berarti untuk orang lain.

Bali Zoo Berbekal keinginan berbagi kepada sesama Gerakan Sadar Sehat (GSS) bekerja sama dengan Bali Zoo mengadakan touring gratis bagi anak-anak Panti Asuhan Gayatri Widya Mandala Tabanan. Acara yang diadakan pada tanggal 24 September 2016 ini berlangsung dari pukul 15.00 hingga 16.30 diikuti sekitar 50 orang anggota Panti Asuhan yang sudah termasuk para pengurus Panti dan 3 orang dari GSS yaitu saya, Kefani dan Bli Gede. Bagi saya yang sudah pernah ke kebun binatang, hal ini mungkin biasa saja, tetapi antusiasme sangat terlihat di wajah anak-anak sejak masuk ke dalam bus yang merupakan bantuan transportasi dari Pemerintah Kabupaten Tabanan. Ini mungkin pertama kalinya mereka berkunjung ke kebun binatang dan melihat secara langsung apa yang biasanya mereka tonton di televisi, sehingga saya dapat melihat kebahagiaan tergambar jelas di sini, hal tersebut membuat cuaca mendung kala itu menjadi tertutupi oleh keceriaan mereka.

Perjalanan kami mulai dari animal show, disini kami disuguhkan atraksi beberapa jenis burung liar seperti Rangkong dan Elang yang lihai menangkap makanan yang diumpankan padanya oleh pawang burung tersebut. Tak lupa diberikan kesempatan kepada pengunjung yang berani untuk merasakan deg-degan bagaimana kita nyaris disambar burung dengan kuku-kukunya yang tajam. Ternyata adik-adik ini sangat pemberani, buktinya banyak yang ingin mencoba.haha…

Bali Zoo

Hujan rintik-rintik tak menyurutkan langkah-langkah kecil adik-adik ini, ditemani seorang pemandu yang ditugaskan memandu kami mengelilingi dan menjelaskan seluruh satwa yang ada di Bali Zoo ini, mereka tetap asyik berceloteh, berfoto dan tentu saja menyimak setiap penjelasan dari sang pemandu. Kami diajak berkeliling melihat berbagai jenis satwa endemik Indonesia maupun satwa dari luar Indonesia, salah satunya gajah Sumatra, di spot ini kita bisa berfoto bebas dengan si Gajah.

Bali Zoo Bali ZooSetelah pindah dari kandang Jacky karena dia sedang moodswing, kami kembali diajak untuk berkeliling, melihat si raja hutan, berbagai macam primata, para hewan bangsa reptil, hingga perjalanan berakhir dengan menyaksikan si Ular Phyton tertidur di kandangnya. Tidak hanya disitu, keseruan juga terjadi saat memasuki kandang Jacky si Orang Utan yang nakal suka melempari pengujung kalo dia sedangbadmood, katanya kita tidak boleh berisik jika dekat-dekat si Jacky, apabila Jacky melempari kita, kita harus jalan menunduk, begitu kata pemandunya.

Akhirnya touring selesai dengan ditutup ucapan terimakasih kepada pihak Bali Zoo yang telah bersedia bekerja sama dengan GSS memberikan fasilitas ini kepada kami dan berbagi kebahagiaan kepada adik-adik di Panti Asuhan Gayatri Widya Mandala. Saya juga berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali dan semoga Gerakan Sadar Sehat dapat terus berbagi dan melayani sesama.

Sumber : http://dailyrandomtalk.blogspot.co.id/2016/09/gss-bali-zoo-making-smiles.html