Gerakan Sadar Sehat di Desa Senapahan, Kediri, Tabanan

Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 2016 Komunitas Sadar Sehat juga mengadakan pemeriksaan kesehatan (tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat) gratis untuk masyarakat Desa Senapahan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, yang sedang merayakan tujuh-belasan dengan jalan santai dan aneka lomba. Kegiatan ini di lakukan pada pagi hari (pukul 7.00 – 10.30 Wita) dengan peserta mencapai 80 orang usia dewasa dengan rata-rata umur 40 tahun keatas.

Disini pun kami tak lelah menyampaikan informasi betapa pentingnya menjaga pola hidup yang sehat; cukupi kebutuhan nutrisi, konsumsi lebih lebih buah dan sayuran, hindari merokok/minum alkohol, dan pelajari cara-cara mengendalikan stress. Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014 mengungkapkan tiga besar penyebab kematian tertinggi di Indonesia, yakni; stroke, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta diabetes (kencing manis) dan komplikasinya. Padahal keseluruh penyakit tersebut dapat dicegah dengan cara menjaga pola hidup yang sehat.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) juga menganjurkan setiap usia dewasa >40 tahun untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lengkap yang rutin (Medical Check Up) paling tidak 1x setahun terutama untuk memantau gula darah, tekanan darah, dan kolesterol, karena semakin bertambah usia resiko terkena penyakit ini semakin meningkat.