Pura Penataran Sasih

Gerakan Sadar Sehat di Pura Penataran Sasih Gianyar

Kehidupan kita sebagai manusia tidak dapat lepas suka – duka – lara – pati. Siapapun pernah mengalami empat keadaan itu hal membuktikan bahwa menjadi manusia lebih banyak susah (duka – lara – pati) dibanding senang (suka), tujuannya supaya manusia selalu mawas diri karena tugas atman menjelma menjadi manusia adalah untuk meningkatkan kesucian secara bertahap sehingga di suatu saat atman bisa bersatu dengan Brahman. Jadi gunakanlah kehidupan sebagai manusia dengan sebaik-baiknya dalam arti senantiasa menegakkan dharma dan membantu sesama.

Berbagi dengan Masyarakat

Gerakan Sadar Sehat mencoba meringankan beban masyarakat dan pemerintah di bidang kesehatan melalui kegiatan promosi kesehatan dan deteksi dini penyakit kronis seperti kencing manis, hipertensi, stroke, penyakit jantung, dan kolesterol. Kegiatan yang dilakukan yang sekaligus menjadi wadah untuk menjaring pasien yang membutuhkan bantuan lebih lanjut dengan sistem “jemput bola”.

Pada Minggu, 10 Januari 2016 , Komunitas Sadar Sehat mengadakan bakti sosial kesehatan (Medicare) di Jaba Pura Penataran Sasih, Desa Pejeng, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar. Dalam kegiatan ini, tim paramedis berhasil melayani 80 peserta yang terdiri dari; pemangku, serati dan masyarakat yang sedang ngayah. Jika dari hasil skrining (pemeriksaan tensi, gula darah, dan kolesterol) ditemukan kadar yang tidak normal, mereka dapat langsung berkonsultasi dengan dokter dan mendapat pengobatan secara cuma-cuma. Baksos ini terselenggaranya atas kerja sama Komunitas Sadar Sehat dengan Pandita Sangraha Nusantara (PSN) Cabang Bali, puskesmas setempat dan Krama Pengempon Pura Penataran Sasih dalam rangka Karya Pedudusan Agung di pura tersebut.

“Semakin tambah usia, semakin besar resiko orang terkena penyakit kronis degeneratif. Penyakit jantung, stroke, dan kencing manis (dengan komplikasi) adalah tiga penyakit pembunuh teratas di Indonesia. Hipertensi dan gula darah yang tinggi memperburuk kondisi tersebut dan merupakan silent killer yang membebani banyak pihak. Kami ingin menyadarkan masyarakat bahwa penyakit tersebut dapat dicegah sebelum kondisinya semakin parah,” ungkap dr. Putu Eka Prayastiti Kefani, salah satu penggagas Komunitas Sadar Sehat.

Pelayanan kesehatan seperti ini sangat diharapkan oleh warga masyarakat. Manfaatnya sangat dirasakan oleh peserta sebagai upaya untuk deteksi dini pada populasi yang beresiko. Umumnya masyarakat jarang yang sadar melakukan pemeriksaan kesehatan (General Medical Check Up) secara rutin atau berkala karena menganggap hal tersebut mahal dan hanya buang-buang uang, berbeda dengan di luar negeri yang memiliki sistem kesehatan yang baik.

Komunitas Sadar Sehat

Komunitas Sadar Sehat berdiri sejak 17 Agustus 2015, merupakan kumpulan anak muda yang memiliki kepedulian dan secara sukarela melakukan pelayanan, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan. Sering kali mereka melakukan upaya promosi kesehatan (pencegahan dan pengendalian) penyakit kronis baik melalui seminar untuk masyarakat awam, video edukatif, siaran radio. Di bidang pendidikan, mereka melakukan PNK (Pendidikan Nilai-nilai Kemanusiaan) untuk anak-anak panti asuhan di Bali serta mendukung pengembangan sumber daya manusia Hindu di sekolah-sekolah, salah satunya SMP Trimurti Wagir Malang.

Sampai saat ini Komunitas Sadar sehat terdiri dari 32 orang relawan dari berbagai latar belakang yang mayoritas adalah pelayan kesehatan seperti dokter, perawat, dan mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat. Dalam usaha pelayanannya Gerakan Sadar Sehat telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyukseskan kegiatan nya seperti Badan Dharma Dana Nusantara (BDDN) dan Pandita Sangraha Nusantara (PSN). Meskipun demikian komunitas ini bersifat nir-laba dan hanya bekerja dengan prinsip ber-Yadnya, Manawa Seva Madhava Seva.

Bersama Gerakan Sadar Sehat, Komunitas Sadar Sehat membuka ruang untuk Saudara yang ingin berbagi menjadi relawan berpartisipasi, atau merekomendasikan tempat yang bisa kami kunjungi untuk pelayanan kesehatan berikutnya. Informasi mengenai Gerakan Sadar sehat dapat disebar luaskan kepada umat melalui jaringan sos-med (sosial media) masing-masing. Kesempatan ber-yadnya dengan menyisihkan penghasilan untuk digunakan membiayai kegiatan pelayanan ini, juga terbuka lebar. Informasi lebih lanjut Saudara dapat berkunjung ke situs www.sadarsehat.org atau melalui email ke dr.kefani@gmail.com .

Penataran Sasih Penataran Sasih