Gerakan Sadar Sehat BTN Tanah Bang Permai

Menyemarakkan peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia kami juga berpartisipasi dalam rangkaian tujuh belasan yang selenggarakan oleh warga BTN Tanah Bang Permai, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat setempat. Kegiatan ini turut meramaikan aneka lomba yang juga dilakukan pada hari Minggu, 14 Agustus 2016  tersebut.

Walau turun hujan di pagi hari, masyarakat tetap sangat antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan ini sampai kami harus membuka dua sesi pelayanan pada hari itu, yakni pagi hari (pukul 7.00 – 10.00 Wita) dan sore hari (pukul 15.00 – 18.00 Wita). Dengan demikian otomatis jumlah peserta menjadi dua kali lipat melebihi target awal, yakni 70an. Adapun yang diperiksa antara lain tensi atau tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan asam urat.

Dari hasil pemeriksaan banyak kami temukan peserta yang memiliki gula darah yang sudah sangat tinggi namun tidak menyadarinya. Ini sangat berbahaya jika dibiarkan karena lama-kelamaan dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Ada juga yang sudah tahu dirinya kencing manis namun tidak berobat rutin karena belum sadar akan bahaya komplikasi penyakit yang dideritanya. Untuk itu kami juga membagikan leaflet yang berisi informasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dalam hal ini tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Kami juga memberi konseling kepada penderita agar mereka sadar meskipun kondisi yang dialaminya saat ini adalah penyakit seumur hidup, namun kita dapat tetap hidup sehat jika penyakit tersebut dikendalikan. Cara mengendalikannya bisa dimulai dari menjaga pola hidup sehat sampai mengkonsumsi obat-obatan dari dokter.