Media Hindu Feb 2017
Media Hindu Feb 2017
Media Hindu Feb 2017

Saking seriusnya minggu lalu baca karena bagus, kurang dari satu jam tidak terasa sudah. Cukup jarang indra lihat ada buku yang bisa langsung dikorelasikan dengan kehidupan remaja Hindu sehari-hari. Kembali beberapa tahun lalu ketika twitter masih eksis, Indra masih ingat ada seseorang yang menjadi viral karena secara konstan menghina agama Hindu dengan mengatakan bahwa kami mengaggungkan benda mati seperti pohon maupun patung, memuja setan, dan sebagainya. Saya lihat cukup banyak yang menghujat balik si pelaku, namun tidak ada satupun umat yang waktu itu bisa mengklarifikasi pernyataan tersebut termasuk Indra, yang menandakan bahwa sering kali terjadi kasus ketika umat Hindu bangga meneruskan tradisi yang ada, namun tidak mengerti makna dan mengapa mereka melaksanakannya. Lewat buku ini, segala pertanyaan dan keraguan yang indra punya terhadap Hindu satu persatu terjawab, sehingga ketika ada hujatan atau pertanyaan apapun itu diajukan terhadap Hindu, tidak ada lagi keraguan yang timbul.

Kalau boleh indra memberi saran, jika ada jilid 2 (astungkara) alangkah lebih baik kalau dialognya ditulis berkonsep total toleransi, dibandingkan dengan “Hindu is The Best”; ada beberapa bagian dialog dimana orang Hindu justru kesannya mempertanyakan kebenaran agama lain, setelah meluruskan pandangan mereka, seperti di bagian “Bukankah Tuhan seharusnya abcde?” atau di bagian penjelasan surga dan neraka menurut agama lain. Karena buku ini bertujuan agar Hindu dihargai dan tidak dipertanyakan, alangkah baiknya kalau kita juga turut menghargai agama lain, pasti makin top. Sukses untuk bukunya..

Indrayana Yogaputra SMA 4 Denpasar

Bukunya sangat  bagus dan memberi pandangan lain tentang kita sebagai remaja hindu yang mungkin mendapatkan pertanyaan yang ada di buku tersebut,  namun alangkah  lebih  baiknya jika ada jilid 2, kita hindu sebagai pelopor toleransi antar agama dengan memberikan dialog yang menyelesaikan permasalahan agama tanpa menyinggung agama lainnya sehingga kita sebagai remaja hindu dapat menjawab tanpa memberikan tekanan atau memojokan teman beragama lain.  Hal ini sungguh akan lebih baik dan akan memberikan pandangan yg berbeda kepada pembaca khususnya apabila pembaca diluar agama hindu, mereka akan berfikiran bahwa hal yg mereka lakukan salah dan akan memperbaikinya untuk selanjutmya,  sukses  untuk  bukunya,  ditunggu jilid 2 nya.

Krisna Damar Augusta SMA 4 Denpasar

Bagus  isinya, penyampaian nya lugas sangat cocok dengan bahasa remaja saat ini. Beberapa pertanyaan di buku juga pernah ditanyakan oleh teman saya yang bragama muslim. Jadi sangat pantas dibaca oleh remaja hindu yg memiliki pemahaman yang kurang tentang hindu dan bisa menangkis pertanyaan dari agama lain bahkan bisa bertanya kembali dengan teman yg bragama lain tentang agamanya. Buku ini juga menyajikan fakta-fakta sejarah yang menyokong agama hindu, sehingga tidak seolah-olah buku ini menjadi pembenaran-pembenaran tentang hindu.

Memang membahas tentang agama sangat riskan dan dapat memicu konflik sara, tapi buku ini sudah menyatakan di awal, jika belum siap dengan dialog kritis tentang agama, maka jangan dibaca isi buku ini. Ini menurut saya poin penting dalam hal peringatan bagi yang tidak bisa mengontrol diri.

Selain itu masih banyak pertanyaain lain yang sering ditanyakan kepada saya tentang hindu oleh agama lain dan terkadang saya masih bingung dengan jawaban yang harus saya sampaikan.

Misalnya :

  1. Kenapa dalam sesajen itu harus menggunakan hewan dan hewan itu dibunuh hingga kepala nya putus (ayam/bebek)?
  2. Kenapa bisa ada leak?

Dan masih banyak pertanyaan lain yg ditanyakan sisanya lupa

Saran saya, dalam buku ini sebaiknya ditambah contoh-contoh toleransi antar manusia. Atau dapat dikatakan contoh tentang tri hita karana lebih banyak di jelaskan. Agar contoh tersebut bisa di implementasikan, dan tentu saja sesuai dengan kehidupan remaja saat ini, karena kita sering dikatakan penyembah pohon dll. Ditunggu ya kak jilid 2 nya

Agnee Umbara SMA 1 Tabanan

 

Buku Hindu Menjawab 1 bagus banget dibaca sama remaja. Buku yang dikemas dalam bentuk Q&A; pertanyaan dan jawaban dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Penjelasan tentang pralaya bukan kiamat, bukan kasta tetapi warna, sorga dan neraka, manusia pertama, dan lain-lain bener bener bermanfaat dan menambah wawasan saya tentang hindu. Selain itu, pertama kali buka buku ini saya tertarik dengan kalimatnya Swami Vivekananda: “agama kita lebih benar dibandingkan agama lain manapun, karena ia tidak pernah menumpahkan darah, karena mulutnya selalu menumpahkan ke semua, perkataan dengan anugrah, kata-kata perdamaian, kata-kata kasih dan simpati.” Secara gak langsung buku ini juga mengajarkan kita untuk bangga menjadi remaja hindu. Identitas kita sebagai Hindu jangan hanya sekedar tertulis di KTP, tetapi harus mampu memahami, menjawab pertanyaan orang lain, mengimplementasikannya. Gak sabar baca yang jilid 2

Sri Indrani Remitha SMA 2 Amlapura

Buku “Hindu Menjawab 1” ini sangat menarik untuk dibaca. Selain isinya dalam bentuk dialog, pertanyaan2 yg ada pun memang sering ditanyakan oleh masyarakat nonHindu, jadi kita tidak perlu bingung lagi untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan mereka mengenai ajaran agama hindu, karena dibuku ini sudah dijawab dengan kalimat yang sederhana, jelas dan mudah dipahami. Dengan membaca buku ini juga saya bisa menambah pengetahuan dan pemahaman saya mengenai ajaran agama saya sendiri.

Sebenarnya masih banyak, pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh masyarakat nonHindu yang belum ada di buku ini, jadi ditunggu untuk edisi selanjutnya.

I Gusti Ayu Istri Raka SMA 1 Sukawati

Buku Hindu Menjawab 1 sangat membantu apabila nanti ada yang menanyakan mengenai agama Hindu. Salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan agama lain adalah mengenai mengapa agama hindu memuja patung bahkan memuja batu besar, jawabannya akhirnya dapat saya temukan setelah membaca buku ini. Dengan membaca buku ini saya dapat mengetahui jawaban yang nanti agama lain tanyakan sedikit mengenai agama Hindu dan saya merasa bangga sebagai umat Hindu karena agama hindu mengajarkan kebaikan, kasih sayang, toleransi, simpati dan perdamaian. Saya baru sekali membaca buku ini. Saya akan membaca kembali secara berulang agar lebih dan lebih memahami lagi isi buku ini. Saya berharap nanti edisi kedua dapat diinformasikan apabila sudah terbit. Juga untuk para penganut agama hindu agar membaca dan mengetahui isi buku ini untuk meyakinkan langkah kita berjalan membawa nama agama Hindu.

Ni Putu Sekar Santidewi SMA Negeri 2 Mendoyo

Saya sebagai seorang siswa yng masih banyak belajar tentang pehaman agama sangat terbantu dengan buku ini. sesuai dengan judulnya “Hindu Menjawab” buku ini menjawab semua pertanyaan yang tersirat baik di benak masyarakat Hindu ataupun agama lain. buku ini mampu mengantarkan materi dengan bahasa yang sangat mudah dipahami semua kalangan. satu hal yng buat saya berkesan adalah prihal kiamat yg sudah saya bingungkan sejak lama, dan buku ini menjawab secara lugas rasa penasaran saya. suksma hadiah ini, patut untuk dibaca oleh semua kalangan

Gusti ayu made sinta sulistiani SMA N 2 Tabanan

Buku Hindu Menjawab 1 sangat layak dibaca oleh semua kalangan, dari anak-anak sampai dewasa. Penyajiannya yang sederhana berbentuk tanya jawab memudahkan pembaca untuk memahami dan cenderung ingin membaca lebih banyak. Pertanyaan yang selama ini sering ditanyakan tentang Hindu, Buku Hindu Menjawab 1 siap menjawab.

Puspa SMA 1 Abiansemal

Buku Hindu Menjawab 1 adalah buku yang sangat membantu dalam mngetahui lebih dalam tentang ajaran agama hindu, dan menjawab pertanyaan seputar agama hindu dengan baik dan benar,, saya bangga memeluk agama hindu yang mengajarkan perdamaian, kasih sayang, toleransi, dan kebaikan di seluruh dunia. akhirnya,, saya mampu berjalan dengan kepala tegak sebagai orang Hindu, tak sabar rasanya membacar edisi selanjutnya

I Wayan Dipra Sadiprayana SMA N 2 Mendoyo

Buku hindu menjawab 1 sangat bagus  dan bermanfaat.  Karena dapat menambah wawasan dan pemahaman saya yang kurang tentang hindu sendiri. Serta dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari dan berkat adanya buku hindu menjawab 1 setidaknya saya mempunyai pedoman dan menjadi lebih mengetahui tentang hindu.  Isinya pun menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami untuk kami kalangan remaja.  Trimakasih untuk bukunya ditunggu edisi berikutnya

Anggun Cahyani SMA 1 Sukawati

Media Hindu
Media Hindu
Media Hindu